Perbedaan Motherboard ATX dan mATX

Sedikit bersemangat untuk berbagi, coz gw lagi ada hubungannya sama postingan kali ini. Kali ini gw mau membocorkan rahasia umum dari sebuah Motherboard. Bagi yang sedang bingung milih merek atau ukuran Motherboard, ini gw punya review tentang Motherboard. Kebetulan sekali karena gw abis belanja buat Nge-rakit PC. Setelah mampir sana sini akhirnya gw ngerti masalah tentang ukuran komponen utama dari sebuah PC. Langsung aja deh, ini adalah perbedaan umum antara Motherboard ukuran ATX dan mATX.


ATX ( Advanced Technology eXtended ) adalah bentuk motherboard yang dikembangkan oleh Intel pada tahun 1995 untuk memperbaiki standart sebelumnya dari AT form factor. Dengan standarisasi baru ini biaya yang dikeluarkan menjadi lebih rendah, ATX mengungguli AT sepenuhnya sebagai standar baru ukuran Motherboard dengan sistem baru dalam beberapa tahun ini. Sebuah ukuran penuh papan ATX adalah 305 × 244 mm (12 × 9,6 di dalam).

Micro ATX atau bisa disebut mATX, uATX adalah standar untuk motherboard yang diperkenalkan pada Desember 1997. Ukuran maksimum sebuah motherboard microATX adalah 244 mm x 244 mm (9,6 × 9,6 di dalam), tetapi beberapa papan microATX dapat sekecil 171,45 mm x 171,45 mm (6,75 × 6,75 dalam dalam).

Kesimpulan

  • MicroATX/ mATX/ uATX merupakan sebuah ukuran motherboard yang lebih kecil daripada ukuran motherboard ATX.
  • Ukuran mobo ATX adalah : 305 mm × 244 mm
  • Ukuran mobo mATX adalah : 244 mm x 244 mm
  • mATX dan uATX adalah nama lain dari MicroATX
Jadi jangan bingung tentang masalah ukuran ATX & mATX/ uATX. Karena pada kenyataanya cuma masalah ukuran. Dengan begitu setelah lo membeli Motherboard seterusnya lo pasti akan membeli Cassing buat Mobo lo. Nah disini harus dipastikan cassing tersebut support Mobo dengan ukuran apa saja. Jangan beli Cassing PC yang ukuran mATX padahal mobo lo berukuran ATX. Begitu juga sebaliknya. Namun biasanya kalo cassing yang disediakan buat ATX sudah support buat mATX juga. Tapi alangkah lebih baiknya cek kembali Cassing yang akan lo beli buat motherboard lo.

1 komentar:

DAN mengatakan...

Sangat membantu Min..

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Entri Populer

Popular Posts

About Me

Followers