Kompres Data Menggunakan Software 7-zip

Winrar adalah program kompresi yang mensupport banyak format antara lain *.zip, *.rar, *.tar, *.gzip dan lain sebagainya. Tetapi Winrar ini bukanlah software gratis, anda harus membayar untuk memakainya.

Nah, sebagai alternatif anda bisa menggunakan software yang bernama 7-zip (seven zip). 7-zip adalah software kompresi yang bersifat free alias gratis.

Anda bisa mendownload 7-zip disini. 7-zip mensupport hampir semua format kompresi sama seperti Winrar. Satu satunya format yang belum disupport oleh 7-zip adalah format *.ace, karena terbentur masalah lisensi.

Selain menggunakan file manager, 7-zip juga bisa diakses melalui klik kanan sama seperti program kompresi lainnya. Hebatnya lagi program 7-zip ini juga bisa diakses melalui command line (teks mode).

Untuk menggunakan teks mode, pertama buka command prompt melalui menu run lalu ketik cmd. Setelah command prompt windows terbuka, arahkan ke direktori installasi program 7-zip (defaultnya c:\program files\7-zip), dengan cara ketikan perintah :

cd c:\program files\7-zipsekarang anda tinggal memberi perintah pada program 7-zip.

Contoh perintah untuk mengkompres file/folder (format *.zip) :

7z a -tzip coba.zip lang\
Untuk perintah perintah yang lain bisa anda lihat di dokumentasi software. Teks mode ini berguna pada saat anda ingin mengkompres maupun dekompres file atau folder dalam jumlah yang sangat banyak.

7-zip versi Portable

7-zip juga tersedia dalam bentuk portable, artinya anda bisa menjalankan langsung program ini dari media penyimpanan seperti flashdisk tanpa perlu menginstall terlebih dahulu. Untuk mendownload 7-zip versi portable klik disini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Entri Populer

Popular Posts

About Me

Followers