Konfigurasi Proxy Server Menggunakan Linux Redhat (Part I)

Anda ingin membuat user-user anda dapat mengakses Internet. Sayangnya, anda hanya mempunyai 1 komputer saja yang terhubung dengan Internet menggunakan modem. Salah satu solusinya, anda harus membuat sebuah Server Proxy yang dapat mengatur koneksi Internet dari setiap komputer dalam jaringan anda. Dengan Squid, anda dapat mengatur user mana saja yang berhak menggunakan fasilitas internet sehingga jalur Internet tidak menjadi padat. Jika cara tersebut dianggap keras, cara tersebut juga dapat diperlonggar dengan pengaturan hari dan jam-jam tertentu untuk kelompok user yang berbeda.

Transparan cache dinamai demikian karena alat tersebut bekerjanya dengan menggunakan jalur jaringan secara transparan ke browser. Dalam model ini ,sirkit pendek cache, proses retrieval, apaka h file yang dikehendaki ada dalam cache. Transparan cache berguna khususnya untuk ISPs karena mereka tak memerlukan modifikasi browser set up. Trasparan cache juga merupakan cara yang termudah untuk menggunakan sebuah cache secara internal pada sebuah jar ingan , karena trasparan cache tak menggunakan koordinasi yang terperinci dengan cache lainnya.

Apakah trasparan cache itu ?
Penjelasan istilah trasparan cache dan trasparan proxy tergantung pada contohnya , tapi kami mengasumsikan konteks disini yaitu HTTP Proxy/cache dengan trasparan hijacking dari port 80 yang mana merupakan jalur HTTP yang gagal di internet.

Perbedaannya yaitu bahwa cache memasukkan cache, tapi proxy hanya proxy-proxy tanpa caching .Trasparan Overload mempunyai arti yang berbeda-beda tergantung situasinya . Kata tersebut dapat diartikan setup yang membajak jalur port 80 dimana klientnya mencoba untuk pergi ke server yang lain, juga bisa diartikan sebuah trasparan proxy yang tak dapat mengubah arti / isi permintaan . tak ada alat seperti trasparan proxy , hanya semi trasparan dan tak ada alat seperti trasnparan cache. Squid dapat dikonfigurasikan untuk bertindak secara trasparan. Dalam mode ini klient tak disyaratkan untuk mengkonfigurasikan browser mereka untuk mengakses cache tapi squid akan menjemput paket yang tepat dan permintaan cache secara transparan.

Hal yang bisa memecahkan masalah terbesar dengan menggunakan caching :
menganjurkan para pemakai untuk menggunakan cache server.

Keuntungan trasparan caching:
Keuntungan dan kerugian trasparan caching secara menyeluruh merupakan kebalikan dari semua yang telah disebutkan dalam contoh untuk proxy caching. Keuntungannya, administrasi yang dibuat mudah untuk dimengerti browser tak perlu dikonfigurasikan untuk bicara ke cache. Kontrol pusat, pemakai tak dapat mengubah browsernya untuk melengkapi cache.

Kerugian trasparan caching:
Tidak kuat,karena trasparan caching tergantung pada routed path yang stabil antara klient dengan serveryang asli,dalam hal menerobos cache path . Hal tersebut dalam internet mudah dipengaruhi bagi perubahan – perubahan routing. Dengan kata lain jika sebuah hubungan antara klient dengan cache ditetapkan dan perubahan routing terjadi yang mana menyebabkan klient mengambil path yang tak lagi mengalir melalui alat jaringan diverting,periodenya akan berhenti dan pemakai harus mengisi ulang halaman, jika rute- rute dalam internet tak menentu maka hasilnya akan lebih tak bisa diperkirakan.

Kontrol pemakai, Trasparan caching membawa pergi kontrol dari pemakai. Beberapa pemakai
mempunyai bias-bias yang sangat kuat tentang caching dan akan mengubah ISP suntuk
menghindarinya Dependensi browser, Untuk operasi yang sukses banyak trasparan cache tergantung pada browser yang menyediakan sejumlah nama server asli dalam header permintaan HTTP. Hal ini diperlukan sebab cache ini tak dapat mengakses tujuan IP address server yang asli dari IP address paket , karena alasan tersebut cache menghilang. Mereka tak dapat menentukan server address yang asli untuk mengirim permintaan.Beberapa browser
awal/sebelumnya tak menyediakan informasi ini maka dari itu tak akan bekerja secara baik dengan trasparan cache, tapi 90% dari browser puas.Dalam kenyataannya ,banyak pelengkap jaringan telah mengobservasi bahwa jumlah signifikan permintaan HTTP adalah untuk mengisi non cachetable (35-45%). Angka kemunculan cache tersebut proporsional untuk jumlah isi non cachetable yang dikirim ke cache.

Apakah squid itu ?
Squid adalah sebuah penampilan yang bagus bagi dari server cacking proxy untuk klient web, pendukung FTP, gopher dan obyek data HTTP. Tak seperti software cacking tradisional , squid menangani semua permintaan dalam bentuk singgle , non bloking , proses I/O driven. Squit menyimpan data meta dan khususnya obyek panas yang tersembunyi dalam RAM, menyembunyikan DNS lookups, mendukung DNS lookups yang tak memihak, dan cacking negatif dari permintaan yang digagalkan . Squid mendukung SSL,kontrol akses yang extensif dan loging permintaan penuh. Dengan menggunakan ukuran berat internet cache protokol, squid dapat disusun dalam sebuah hirarki untuk pengamanan bandwidth extra squid terdiri dari sebuah squid program main server, sebuah dnsserver program lookups Domain Name Systim, beberapa program untuk menulis kembali permintaan-permintaan dan keoutentikan penampilan , dan beberapa menegemen dan alat-alat klient.

Untuk konfigurasinya ada di part II ya...

1 komentar:

Malang Art Channel mengatakan...

Memang lebih lancar jika menggunakan proxy server. Terima kasih informasinya :D

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Entri Populer

Popular Posts

About Me

Followers